Saturday, January 21, 2012

Mengintip Gudang Amazon

The Occupational Health and Safety Administration (OSHA) Amerika Serikat melakukan inspeksi ke gudang milik Amazon (dot) com.

Siapa yang tidak kenal dengan web penjual buku tertua di dunia maya ini. Mulai dari segala macam jenis buku hingga meluas ke semua jenis produk kini dijual di situs tenar tersebut. Namun media mulai menyorot gudang milik Amazon (dot) com. Pekerja disana mengadukan sangat panasnya suhu di gudang milik Amazon (dot) com. Berikut ini adalah kronologisnya yang terjadi pada tahun2011 ini :

•2 Juni: Pekerja di gudang Amazon melaporkan pada OSHA bahwa suhu sangat panas hingga mencapai 38 derajat Celsius dan 15 pekerja pingsan karenanya. Jika ada pekerja yang merasa kepanasan dan meninggalkan gudang akan dikenai sanksi disiplin oleh perusahaan.

•3 Juni: OSHA mengkonfirmasi pengaduan para pekerja tersebut pada manager Amazon, dan meminta pihak Amazon untuk melakukan penyelidikan. Pihak Amazon mengakui kalau 15 orang dari total 1600 jumlah pekerja Amazon, telah dibawa ke rumah sakit karena kepanasan.

•9 Juni: OSHA melakukan inspeksi ke gudang Amazon

•10 Juni: OSHA menerima laporan dari Lehigh Valley Hospital-Cedar Crest bahwa beberapa pasien yang dirawat disana menderita sakit akibat kepanasan.

•13 Juni: OSHA menerima surat dari Allen Forney, Amazon site safety manager, yang menyatakan bahwa Amazon sudah memperhitungkan suhu yang aman untuk karyawan di gudang tersebut.

•21 Juli: Forney juga melporkan pada OSHA bahwa heat index di gudang adalah antara 42 hingga 44 derajat Celsius. Amazon berinisiatif untuk mempersilahkan pekerjanya yang mau pulang atau tetap tinggal dan disediakan juga es krim untuk mereka.

•22 Juli: Forney berkata pada OSHA bahwa Amazon menghentikan proses bekerja untuk sementara hingga suhu ruangan turun.

• 25 Juli: Petugas Keamanan di Gudang Amazon melaporkan pada OSHA bahwa suhu panas mencapai 43 derajat celcius dan dia juga melihat dua pekerja yang sedang hamil dibawa ke petugas medis. Amazon menyediakan air dan minuman dingin diman mana namun tidak mengizinkan pintu gudang dibuka untuk sirkulasi udara.

• 18 Agustus: OSHA menerbitkan rekomendasi (sebagai penutup inspeksinya) kepada Amazon untuk memperbaiki heat-stress management plan, termasuk mengurangi suhu panas dan kelembaban di gudang Amazon.

Ada Sahabat Pro Safety yang punya saran untuk gudangnya Amazon ?.

Salam Safety Sumber: Lorco.co.id dan diadaptasi juga dari berbagai sumber

Sumber asli dapat dibaca di Amazon Warehouse

Yuk berbagi Info Safety di twitter bersama @KaptenLorco

(Silahkan membagikan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber aslinya)

By Kang Aa Widi Safari

No comments:

Post a Comment

Related Posts