Saturday, January 28, 2012

Kampanye K3 Scottish Power


Kampanye K3  Scottish Power ini telah berhasil menurunkan presentase ketidakhadiran karyawan dan waktu yang hilang akibat kecelakaan kerja.
Scottish Power adalah salah satu perusahaan pemasok energi terbesar di Inggris.  Perusahaan ini memilik 3 Divisi besar . Mereka merasa bahwa selama ini kampanye K3 yang dijalankan sudah cukup baik namun masih statis dan tidak menyentuh kehidupan sehari hari para karyawan.
Pada Bulan Mei tahun 2009, Scottish Power memulai kampanye K3 nya yang dinamakan The `It Matters', dengan rincian strategi sebagai berkut:
  • Menggandeng sebuah agency ikan untuk menciptakan kampanye K3 dengan desain komunikasi visual yang professional.
  • Setiap divisi dberikan otoritas untuk merancang kampanye K3 yang khas sesuai kondisi karyawan di dalam divisi tersebut sehingga setiap divisi memiliki "Brand" kampanye K3 yang menjadi ciri diivisinya.
  • Kampanye K3 dibuat lebih dinamis dengan memperbaiki variasi berkala dan desain komunikasi visual dari pesan yan disampaikan. Mereka menilai bahwa kampanye K3 sebelumnya masih statis, tidak konsisten, sedikit yang dapat direalisasikan dan tidak komunikatif serta tidak memiliki ikatan batin dengan para karyawan.
  • Penyampain pesan safety dibuat dengan desain visual sederhana namun tampak professional serta gambar dan copy/ tulisan yang menyentuh hati pembaca dengan dibuat atas dasar empati terhadap kondisi karyawan. Inti setiap pesan adalah menekankan pada pentingnya safety karena sangat berhubungan denga aktivitas  sehari hari karyawan dari mulai membuat segelas teh , berjalan kaki, mengemudi mobil, dll.
Hasil dari kampanye tersebut, sebagaimana dinyatakan oleh ScottishPower sendiri, telah berasil menurunkan presentase ketidakhadiran karyawan sebanyak 22 % dan waktu yang hilang akibat kecelakaan kerja sebanyak 60 %. Bahkan kampanye K3 Scottish Power ini telah tercatat di Inggris sebagai salah satu  strategi marketing yang efektif.
Semoga informasi ini dapat menginspirasi para rekan Pro Safety.
Sumber: Lorco.co.id
Diadaptasi dari sumber aslinya di : Campaign
Web resmi Scottish Power silahkan dilihat di: Scottish 

No comments:

Post a Comment

Related Posts