Sunday, March 11, 2012

BOM Gado-Gado

Anggap aja kita mau buat GADO-GADO (super pedes) dengan menggunakan BOM :).

Langkah pertama semua material yg dibutuhkan untuk membuat gado-gado tersebut di simpan atau didefinisikan di Material Master Data via MM01.

Maka di MM01 kita akan melakukan definisi kasar sebagai berikut:

1. Gado-gado : finish product = FERT (basic data 1KG)
2. Kacang: raw material = ROH 
3. Toge rebus: product setengah jadi (semi-fhinished- product) = HALB
4.  Sayur2 lain: raw material = ROH
5. Cabe; raw material = ROH

Setiap material di atas tentu scenarionya sudah harus tersimpan di MRP1, 2, 3, 4, saat ini saya gak akan bahas MRP satu per satu takut temanya jadi tambah lebar:) dan gado2nya jadi gak enak :)

Ok setelah kita punya semua master data dari material gado2. barulah BOM bisa dibuat via Tcode CS01. Nah di window CS01 itu maka field Material isi dengan: GADO-GADO (super pedes) --> enter! Di window selanjutnya isi deh component2 / bahan2 untuk membuat gado2 tersebut. Di sini yg paling penting adalah isi quantity untuk setiap material yg diperlukan dan save BOM tsb. 

Jadi saat BOM digunakan via Production Planning (MD11) / Production Order (CO01) untuk membuat gado2 misalnya untuk pembuatan 10 KG gado-gado, component, kacang, sayur, dll yg akan diperlukan diconsume akan automatis terkalkulasi berapa bahan yg diperlukan, waktu yg diperlukan utk pembuatan (workschedule) , etc., etc. --> karena adanya BOM tersebut. Dengan menggunakan fasilitas MRP, scenario juga bisa disetup saat Planning Order dibuat untuk tiap2 material yg sifatnya external procurement automatis akan tercreate purchase requisition- --> purchase order.

Nah BOM tersebut biasanya dimanfaatkan oleh pabrik-pabrik (pabrik gado2) yg tiap hari kerjanya ya buat gado2 tersebut, sehingga untuk setiap gado2 yg categorynya super pedes, setengah pedes, gak pake sayur:), gak beda2 kapanpun customer pesan atau makan gado2 dari pabrik tersebut. 


milis APICS-ID

No comments:

Post a Comment

Related Posts