3Q6S yaitu aktivitas 6S untuk menjadikan perusahaan yang 3Q
Adapun 6 S terdiri dari Seiri, Seiton, Seiso, Sheiketsu, Shitsuke, dan SAHOO.
SAHOO adalah perilaku yang baik dilingkungan perusahaan, mencakup :
* - Pribadi yang ramah tamah dan bersahaja,
* - Sikap hormat menghormati antara atasan dengan bawahan, bawahan dengan atasan, dan sesama pekerja / selevel
* - Sikap menghormati tamu ( customer , vendor)
* - Sikap soapn santun dalam bertelepon
* - Tatacara meeting
* - Sopan santun berkunjung ke perusahaan,l
* - Suasan kerja yang gembira, dll
3Q Adalah sasaran yang ingin dicapai melalui penerapan 6S yang berkesinambungan,yaitu :
* - Quality Goods
* - Quality Employee
* - Quality Company
Pelaksanaannya :
* - Perusahaan membentuk suatu komitee yang langsung bertanggung jawab kepada Presiden Direktur
* - Selanjutnya komitee ine membentuk divisi berdasarkan wilayah kerja * - Komitee bertanggung jawab mempersiapkan : – rencana jangka pendek, menengah dan jangka panjang
* – kerangka kerja
* – material dan bahan edukasi
* – system pengawasan / audit
* – System Reward
* - Setiap department dan individu harus terlibat langsung dengan aktivitas 3Q6S dengan semangat gotong royong dan kerja sama
* - Pelaksanaan pengawasan / audit dilakukan setiap minggu oleh komitee, dan hasilnya diumumkan secara terbuka pada General meeting
* - “The Best department of the month” diputuskan oleh komitee berdasarkan penilaian yang objektif, dan tertulis
* - Reward diberikan langsung oleh Presiden Direktur / Managing Direktur kepada The Best Department of the month didepan semua Head Section pada ssat General Meeting.
Apa yang telah kami dapatkan dengan penerapan 3Q6S?
* -Lingkungan kerja yang bersih, nyaman, dan suasana kerja yang gembira
* - Produk yang bermutu tinggi, biaya produksi rendah
* - Order meningkat karena calon pelanggan terkesan dengan kualitas produk yang baik, kondisi pabrik yang bersih, employee yang ramah.
* - Effisiensi meningkat, ditandai dengan Pproduction Lead time yang rendah, dan Delivery time yang tepat waktu
* - Cost saving terutama dari : – employee (yang tadinya butuh manpower untuk mengurusi kebersihan.. sekarang dilakukan sendiri oleh employee)
* – Electric cost
* – Delivery cost. dengan schedule yang tepat waktu, tidak memerlukan biaya untuk spesial cargo / courrier
* – Operational cost, dengan kualitas yang stabil, Yeild rate menjadi cukup tinggi sedangkan defective rate menjadi rendah
* - dan masih banyak keuntungan lainnya, yang secara nyata telah kami rasakan.
Sunday, March 11, 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Related Posts
-
Kamar mandi / toilet biasanya dilengkapi dengan perlengkapan untuk buang air kecil maupun besar. Kamar mandi yang dilengkapi dengan urina...
-
Performa Industri: Quality, Productivity, Safety, Cost. Manakah yang perlu diprioritaskan? Banyak sekali metode-metode yang dapat dipakai un...
-
10 Alasan Kenapa Promosi Keselamatan Kerja Anda Wajib Menggunakan Gambar Visual Kenapa setiap Promosi Kesehatan dan Keselamatan K...
-
Problem di gudang biasanya bukan SOP-nya yang tidak ada, tapi pelaksanaan SOP di lapangan. Yang bisa membantu melacak kehilangan baran...
-
Laporan Tracer Study ITB Sarjana yang dirilis tahun 2023 memberikan gambaran menarik mengenai bonus tahunan yang diterima oleh alumni ITB. D...
No comments:
Post a Comment