Menarik membicarakan OM/POM Body of Knowledege (BOK), dimana memang
terlihat Operations Management menjadi dislipin yang cakupan amat
luas, sehingga perlu diperdalam dalam BOK-BOK tesendiri seperti PIM
(Production and Inventory Management) BOK, QM (Quality Management)
BOK, PM (Project Management) BOK, Maintenance Management BOK.
Saya coba amati beberapa aplikasi ERP(Enterprise Resource Planning),
ternyata juga pada umumnya dibagi dalam tiga area business utama
sbb:
A. Financial Management
· Financial Accounting
· Management Accounting
· Investment Management
· Treasury
B. Operations Management
· Sales and Distribution Management
· Materials Management
· Maintenance Management
· Production Management
· Quality Management
· Project Management
C. Human Resources Management
· Personnel Management
· Personnel Time Management
· Payroll
· Training and Event Management
· Organizational Management
· Travel Management
Menurut saya didalam sebuah aplikasi ERP (ERP System) terdiri dari 3
domain utama sbb: Financial Management, Operations Management, HR
Management, sementara Operations Management (OM) merupakan core
business process, sedangkan Finance management dan HR Management
merupakan supporting.
Sedangkan konsep value chain dari Porter, dibagai atas Core Business Process (Operations Management) dan Supporting Business Process (Finance and HR)
Mungkin sementara itu.
MSY
Pusat Studi ERP Indonesia
http://www.ERPweaver.com
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Related Posts
-
Kamar mandi / toilet biasanya dilengkapi dengan perlengkapan untuk buang air kecil maupun besar. Kamar mandi yang dilengkapi dengan urina...
-
Cerita di Balik Penutupan Pabrik Panasonic dan Toshiba Penutupan tiga pabrik Toshiba dan Panasonic di Indonesia membawa dampak pemutusa...
-
Sebaiknya PPIC dibagi menjadi: PPIC Planner, bertugas untuk membuat perencanaan atau MPP (Master Production Plan) dan MRP (Material Req...
-
Di beberapa perusahaan, divisi penyimpanan (store) untuk mengelola persediaan (inventory) sering mempunyai beberapa nama, seperti divisi...
-
What exactly is 5S? Simply stated, a 5S is the structured method to organize the work place. As evidenced by its name, there are 5 steps ...
No comments:
Post a Comment