Wednesday, June 27, 2012

Menumbuhkan Motivasi Menuju Budaya Keselamatan Kerja


Bagaimana caranya agar setiap orang termotivasi untuk selalu hidup dengan Budaya Keselamatan Kerja ?
 Peraturan Keselamatan Kerja, Kebijakan Keselamatan Kerja, hingga Sistem  yang ada disetiap perusahaan adalah upaya yang dilakukan untuk keselamaan kerja selama karyawan bekerja di perusahan hingga menjadi bagiandari budaya hidupnya. Terkadang ada beberapa orang yang merasa aturan, kebijakan, atau sistem tersebut membuat kerja menjadi tidak nyaman, serba dibatasi, bahkan tidak efisien sehingga mereka menjadi tidak peduli dengan keselamatan kerja. Bagaimana agar orang orang tersebut dapat tumbuh motivasi dirinya untuk selalu hidup dengan Budaya Keselamatan Kerja ?.
Berdasarkan 13 riset mengenai motivasi, EHS Magazine mengutip 10 cara untuk menumbuhkan motivasi diri seseorang, yaitu :
1.Komunikasikan kebijakan atau aturan keselamaan kerja dengan cara yang rasional dan muda dipahami, sehingga tidak terkesan memaksa.
2.Tunjukkan empati  berdasarkan prinsip "Seseorang tidak mau melakukan apa yang diperintahkan orang lain (seseorang tidak bisa dipaksa untuk melakukan sesuatu)", dengan cara menjelaskan setiap kebijakan dan aturan dengan rasional sehingga setiap orang mau menerima dan melaksanakannya.
3.Gunakan bahasa yang bersifat personal. Contohnya kata kata "Keselamatan Kerja adalah Kewajiban Kita Bersama" lebih baik dari pada kalimat "Keselamatan kerja adalah budaya perusahaan yang harus dilaksanakan" .
 4.Libatkan setiap orang dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kerja mereka.    
5.Kumpulkan saran dan pendapat dari mereka yang terkena kewajiban dari aturan dan kebijaka tersebut .
 6.Tentukan tujuan atau target yang ingin dicapai bersama sama dengan semua orang atau tim kerja. Untuk menentukan tujuan/ taget dapat menggunakan rumus SMART: S=specific, M=motivational, A=achievable, R=relevant and T=trackable
7.Buat program penghargaan bagi siapapun yang memiliki prestasi dalam menjalankan budaya keselamatan kerja di perusahaan
8.Dengarkan alasan dan tetap bersifat empati apabila ada pelanggaran aturan/ kebijakan keselamatan kerja serta komunikasikan dengan baik untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.
9.Adakan diskusi atau acara kelompok /tim kerja dalam menentukan target atau tujuan, dengar pendapat, perayaan keberhasilan, dll. 
10.Kembangkan dan menerapkan strategi untuk meningkatkan kepercayaan antar sesama orang.
Ayo Semangat… Kita sama sama membangun Motivasi Menuju Budaya Keselamatan Kerja.
Salam Safety

Sumber: www.lorco.co. id
by Widi Safari

No comments:

Post a Comment

Related Posts