PRODUCTION ENVIRONMENT

Dalam produksi, terutama di manufacturing biasanya bisa diklasifikan dalam 4 jenis utama.

ETO : Engineer to Order
MTO: Make to Order
PTO: Package to Order
MTS: Make to stock

Ke-4 hal tersebut selalu connected well, tetapi ada batasan dan fungsi masing-masing.

ETO
Ini berhubungan SPESIFIK requirement.  Umumnya ada proses engineering.
>>Memerlukan lead time yang lama, full customized sesuai order / spesifikasi customer, memerlukan design, testing, dll. Sehingga memerlukan waktu delivery yang lama sekali. Contoh yang memakai ini adalah Bangunan.

MTO
Pada tahap ini produk dibuat setelah kita menerima order dari customer. Kemudian standar komponent dibeli dan distock sebagai raw materials.
>> Make to Order adalah sistem dimana akan memproduksi apabila ada orderan dari customer. Ini lebih cepat dari Engineering to Order. Dimana MTO ini tidak memerlukan design lagi karena sudah melalui tahap design, dan tinggal menunggu order dari customer. Sistem ini mungkin dianut oleh Toyota Production System. 

PTO
Setelah MTO berhasil dibuat....lantas digabung dengan sub-assembly lain......jadilah PTO. Dengan kata lain, MTO+MTO = assembled become PTO
>> Alias Assembly to Order = dimana barang sparepart nya sudah tersedia, hanya diassembly sesuai dengan pesanan, ini memerlukan lead time yang lebih kecil dibandingkan engineer to order ataupun make to order tetapi lebih lambat dibandingkan Make to Stock, karena tidak lagi memerlukan design produk lagi. Sistem ini dipakai oleh pabrikan Elektronika, dll. Dengan kata lain, lead time = delivery lebih cepat. 

MTS
Merupakan Finished good komplet.
>> diproduksi untuk memenuhi stock yang sudah di minimum stock. Ini memerlukan lead time yang sedikit, sehingga mempercepat delivery dikarenakan Material / FG diproduksi sesuai dengan yang ada, tidak memerlukan waktu yang lama untuk design dan lain2nya. Ini merupakan sistem manufaktur untuk FMCG dimana customer tidak memerlukan orderan / spesifikasi khusus, hanya memerlukan ketersediaan stok. 

Secara umum, kita bisa memberikan flow sebagai berikut:

ETO ==> MTO ==> PTO ===> MTS