Wednesday, June 27, 2012

Sharing APICS Certified Supply Chain Professionals (CSCP)

Rekan-rekan,

Prosedur sertifikasi APICS CSCP tercantum dalam bulletin yang bisa di-download dari website. Ringkasnya, syarat dan prosesnya adalah:

1. APICS ID.

2. Mengisi formulir dan mengajukan permintaan eligibility untuk mengambil sertifikasi. Jawaban dari APICS diberikan dalam waktu 2 minggu.

3. Mendaftarkan ke testing center terdekat, dengan membawa konfirmasi eligibility dari APICS.

4. Mempersiapkan diri: body of knowledge, travel, accommodation.

5. Mengikuti ujian, jangan lupa membawa 2 kartu identitas.

6. Mendapatkan konfirmasi hasil ujian kira-kira 6 minggu kemudian. Sertifikat dapat diambil 3 bulan setelah ujian di testing center, 


Saya sendiri mempersiapkan diri selama kira-kira 6 bulan. Jika tidak di luar kota, setiap hari meluangkan waktu sepulang kerja untuk mempelajari materinya. Weekend, kalau tidak ada acara keluarga, saya pakai 3-4 jam untuk belajar. Dua minggu sebelum ujian saya ambil cuti untuk konsentrasi sepenuhnya mereview materi, hari terakhir saya pakai untuk cool down.

Ujian multiple choice 175 soal dalam waktu 4 jam, termasuk memberi identitas kertas jawaban. Jadi kira-kira hanya ada waktu 80 detik per soal untuk membaca soal dan jawaban, menimbang-nimbang atau menghitung dan menuliskan jawabannya. Minimum score untuk dinyatakan lulus 75%, tapi tidak boleh ada modul yang kurang dari 60%. Saya rasa saya banyak terbantu dari pengalaman kerja. "Tour of duty" saya meliputi project engineering, production, reliability and engineering/ maintenance, packaging development, planning and systems, IT project management, logistics and warehousing, export/import and purchasing, distribution and customer service di industri FMCG dengan beberapa business models. Semua ini membantu saya memahami key Supply Chain concepts dengan lebih mudah. Saya pikir belajar dalam kelompok akan membantu proses pemahaman integrasi ini meskipun barangkali membutuhkan lebih banyak waktu.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Kunto

4 comments:

  1. Dear Pak Kunto,

    boleh share alamat web-nya ? Jadi persiapan materi dan tes online ya? saya buka APICS di professionaltestpro.com ada materinya tetapi saya belum menemukan pendaftarannya. Kalau CSCP yang diadakan lokal lumayan lama kelas-nya bisa 32 minggu. Mohon infonya. Terima kasih

    Salam-Rina

    ReplyDelete
  2. Bagi yang ingin mengetahui info mengenai sertifikasi CPIM atau CSCP bisa membuka web http://blog.ipoms.web.id/

    ReplyDelete
  3. Kalau ada yg tertarik dengan CSCP, saya punya study material Apics CSCP learning system 3.3 2015. Kalau ada yg tertarik boleh hub saya di bistok.rg@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Bagi yang butuh persiapan buat mengikuti sertifikasi CSCP, saya punya CSCP Learning System 3.3 tahun 2015. Terdiri dari 5 books of material (3 module), 1 apics dictionary book, 2 cd yg terdiri dari flashcards, quiz, 1000++ sample question, dan materi lain dlm bentuk pdf. Jika tertarik bisa menghubungi saya di bistok.rg@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete

Related Posts