Wednesday, June 27, 2012

Menguji Kebenaran Slogan K3


Benarkah bahwa 90 % kecelakaan kerja disebabkan oleh sikap pekerja yang tidak aman dan 10 % disebabkan oleh kondisi yang berbahaya ?
Dua orang professor dari Industrial and Systems Engineering at Auburn University in Alabama, Richard Sesak dan Jerry Davis, menyampaikan beberapa poin berkaitan dengan slogan  "90 % kecelakaan kerja disebabkan oleh sikap pekerja yang tidak aman dan 10 % disebabkan oleh kondisi yang berbahaya " (90% of accidents are caused by unsafe human acts. 10% are caused by unsafe conditions) yang cukup terkenal di dunia K3. Poin penjelasan tersebut disampaikan pada acara konfrensi American Society of Safety Engineers Safety 2010. Berikut ini adalah penjelasannya:
 90 % kecelakaan kerja disebabkan oleh sikap pekerja yang tidak aman dan 10 % disebabkan oleh kondisi yang berbahaya (90% of accidents are caused by unsafe human acts. 10% are caused by unsafe conditions).
Sesak dan Davis mengatakan bahwa slogan tersebut salah . Menurut mereka kecelakaan kerja disebabakan oleh berbagai factor yang tidak bisa dipisahkan menjadi faktor manusia atau kondisional .  Mereka memberikan contoh kasus:
Para Karyawan yang Telat Menghadiri Rapat.
1.       Karyawan 1 berlari menuju ruang rapat sambil membawa kopi, lalu kopi tersebut tumpah, dan dia tidak membersihkannya.
2.       Karyawan 2 juga terlambat menghadiri rapat, selama perjalanan ke ruang rapat dia melihat tumpahan kpi, namun tidak membersihkannya.
3.       Karyawan 3 berlari menuju ruang rapat dan tidak melihat ada tumpahan kopi tersebut, sehingga dia menginjak tumpahan kopi dan akhirnya terpeleset dan jatuh.
Kondisi pada kasus tersebut disebabkan oleh faktor kondisi dan manusia.  Sesak dan Davis mengatakan bahwa faktor sikap pekerja yang tidak aman dan kondisi yang berbahaya,  ada dalam kasus  tadi.
Bagaimana pendapat Anda tentang riset tersebut ?
Salam Safety
(Gambar ilustrasi diambil dari koleksi Poster, Sticker dan Safety Sign Terbaik di : www.safetysign. co.id)
Ditulis oleh Widi Safari untuk Sahabat Sahabat Anggota  Milis

No comments:

Post a Comment

Related Posts