Sunday, July 15, 2012
QA (Quality Assurance) : Job Description 1
QA (Quality Assurance) adalah sebagai pintu gerbang utama antara kualitas hasil produksi di satu sisi dengan keinginan konsumen di sisi lain. QA harus memandang kualitas hasil produksi melalui cara pandang konsumen bukan produsen. Jadi intinya cara pandangnya harus benar-benar cara pandang konsumen (must be perfect) bukan produsen (already perfect).
Hubungan QA dengan QC: kalau QC melakukan tindakan korektif pada tiap step line produksi, sementara QA berorientasi pada kualitas produk yang siap dikirim ke konsumen.
Simpelnya tugas QA:
1. Sebagai decision maker jika ada perselisihan/ perbedaan pendapat masalah kualitas antara Lab, QC atau produksi.
2. Bertanggung jawab terhadap outgoing product melakukan inspeksi quality terhadap outgoing product.
3. Person in Charge dalam hal Customer Complaint dan mendiskusikannya melalui meeting lintas department.
QA tanggung jawabnya lebih besar dan luas dari pada QC.
Sumber : diskusi milis APIC-ID
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Related Posts
-
Kamar mandi / toilet biasanya dilengkapi dengan perlengkapan untuk buang air kecil maupun besar. Kamar mandi yang dilengkapi dengan urina...
-
Global supply chain management requires a commitment to thinking big and having the means to receive, process, and use complex, costly data....
-
by Imam Budiraharjo Dalam dunia bisnis di Jepang, ada satu istilah yang disebut dengan keiretsu (系列) atau perkongsian dalam bahasa In...
-
Social Media Examiner has allowed me to hare the following post with you. Not only did I want to share this great article with you, but I...
-
By Martin Murray, Warehouse productivity is a number of measurements that management will analyze to monitor the performance of their ware...

No comments:
Post a Comment