Sunday, July 15, 2012
QA (Quality Assurance) : Job Description 1
QA (Quality Assurance) adalah sebagai pintu gerbang utama antara kualitas hasil produksi di satu sisi dengan keinginan konsumen di sisi lain. QA harus memandang kualitas hasil produksi melalui cara pandang konsumen bukan produsen. Jadi intinya cara pandangnya harus benar-benar cara pandang konsumen (must be perfect) bukan produsen (already perfect).
Hubungan QA dengan QC: kalau QC melakukan tindakan korektif pada tiap step line produksi, sementara QA berorientasi pada kualitas produk yang siap dikirim ke konsumen.
Simpelnya tugas QA:
1. Sebagai decision maker jika ada perselisihan/ perbedaan pendapat masalah kualitas antara Lab, QC atau produksi.
2. Bertanggung jawab terhadap outgoing product melakukan inspeksi quality terhadap outgoing product.
3. Person in Charge dalam hal Customer Complaint dan mendiskusikannya melalui meeting lintas department.
QA tanggung jawabnya lebih besar dan luas dari pada QC.
Sumber : diskusi milis APIC-ID
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Related Posts
-
Kamar mandi / toilet biasanya dilengkapi dengan perlengkapan untuk buang air kecil maupun besar. Kamar mandi yang dilengkapi dengan urina...
-
Surabaya Study Group XIV - Supply Chain Fundamentals Minggu, 18 Maret 2012 dari kiri ke kanan Taufan Yanuar (PT HSI), Edi Priyanto (...
-
Social Media Examiner has allowed me to hare the following post with you. Not only did I want to share this great article with you, but I...
-
What exactly is 5S? Simply stated, a 5S is the structured method to organize the work place. As evidenced by its name, there are 5 steps ...
-
Bagaimana kondisi keselamatan kerja para remaja di negeri Paman Sam ?. Sebagaimana dkutip dari web American Society of Safety Engi...
No comments:
Post a Comment