Sunday, July 15, 2012
QA (Quality Assurance) : Job Description 1
QA (Quality Assurance) adalah sebagai pintu gerbang utama antara kualitas hasil produksi di satu sisi dengan keinginan konsumen di sisi lain. QA harus memandang kualitas hasil produksi melalui cara pandang konsumen bukan produsen. Jadi intinya cara pandangnya harus benar-benar cara pandang konsumen (must be perfect) bukan produsen (already perfect).
Hubungan QA dengan QC: kalau QC melakukan tindakan korektif pada tiap step line produksi, sementara QA berorientasi pada kualitas produk yang siap dikirim ke konsumen.
Simpelnya tugas QA:
1. Sebagai decision maker jika ada perselisihan/ perbedaan pendapat masalah kualitas antara Lab, QC atau produksi.
2. Bertanggung jawab terhadap outgoing product melakukan inspeksi quality terhadap outgoing product.
3. Person in Charge dalam hal Customer Complaint dan mendiskusikannya melalui meeting lintas department.
QA tanggung jawabnya lebih besar dan luas dari pada QC.
Sumber : diskusi milis APIC-ID
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Related Posts
-
Kamar mandi / toilet biasanya dilengkapi dengan perlengkapan untuk buang air kecil maupun besar. Kamar mandi yang dilengkapi dengan urina...
-
Menentukan tingkat inventory yang tepat merupakan pekerjaan yang paling penting dan menantang bagi operation manager. Jika terlalu banya...
-
by Imam Budiraharjo Dalam dunia bisnis di Jepang, ada satu istilah yang disebut dengan keiretsu (系列) atau perkongsian dalam bahasa In...
-
Wawancara adalah bagian dari proses penerimaan karyawan yang sering kali membuat banyak orang merasa ketar-ketir. Berbeda dengan proses l...
-
supplychainindonesia@googlegroups.com. BIAYA LOGISTIK PADA KONSEP TOL LAUT Yang disebut dengan upaya menekan Biaya Logistik itu adalah m...
No comments:
Post a Comment