Sunday, July 15, 2012

Kenapa Mereka Bisa Selamat ?


Hampir semua orang selamat saat sebuah pesawat pribadi menabrak gedung IRS pada Februari 2010 lalu. Kenapa Mereka Bisa Selamat ?


Februari, 2010, sebagaimana yang dipaparkan oleh Washington Post, penghuni Gedung IRS dikejutkan dengan insiden pesawat pribadi yang menabrak gedng IRS di Austin, Texas, Amerika Serikat. Asap gelap yang disebabkan oleh terbakarnya bahan bakar dari pesawat tersebut membuat gelap seisi gedung dan tidak memungkikan bagi para pekerja di dalam gedung untuk meihat apa pun.
Walapun 2 orang pekerja di gedng itu sempat terperangkap di lantai dua, namun korban jiwa pada insiden itu dilaporkan hanya 2 orang dari sekian banyak penghuni gedung saat itu, sang pilot pesawat dan seorang karyawan IRS. Apa yang menyebabakan hampir semua orang selamat dari insiden itu ?
Selain karena kebesaran Sang Maha Kuasa kemudian latihan prosedur evakuasi dan penanggulangan kebakaran yang rutin dilakukan di gedung itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan hampir seluruh penghuni gedung selamat dalam insiden itu, yaitu:
> Para pekerja yang berada d dekat pintu keuar gedung, tetap berada disana sambil berteriak dan menunggu mereka yang belum keluar, sehingga walaupun suasana gelap tertutup asap hitam, mereka yang belum keluar dari gedung bisa mengikuti suara para pekerja di dekat pintu keluar yang membimbing mereka menuju pintu keluar.
> Para pekerja yang sehat menolong mereka yang lemah (seperti orang cacat, orang tua, dan orang hamil) sekalipun dengan cara digendong dan melalui tangga darurat menuju pintu keluar
> Untuk mengatasi asap hitam yang menyelimuti, para pekerja keluar dengan cara merangkak dan bernafas dengan menggunakan pakaian mereka yang sudah dibasahi, unuk mencegah sesak akibat asap
Sebuah perisiwa yang patut kita ambil hikmahnya, dari keberanian, kesetiakawanan, kesiapsiagaan, dan kepedulian pada keselamatan kerja dirinya maupun orang lain.
Salam Safety
(Gambar ilutrasi diambil dari Video Animasi "Evacuation Procedure" poduksi Lorco & Foto gedung IRS dapat diihat di www.lorco.co. id )
Sumber: www.lorco.co. id

No comments:

Post a Comment

Related Posts