Sunday, March 11, 2012

Strategi Supply Chain Management

Supply Chain Management (SCM) adalah suatu strategi bisnis
yang telah berhasil meningkatkan kualitas bisnis/usaha, baik di sektor
swasta maupun public. Implementasi SCM memberikan dampak terhadap
permintaan pasar yang semakin meningkat. Seiring dengan hal tersebut
maka kebutuhan jaminan kualitas, ketepatan pengiriman, dan kecepatan
distribusi juga meningkat.

Pada era informasi sekarang ini, supply chain yang terintegrasi
memungkinkan organisasi untuk mengurangi inventori dan berbagai biaya,
meningkatkan nilai (value) produk, mengembangkan resources,
mempercepat waktu, dan mempertahankan konsumen.

Rekonfigurasi dan improvisasi terhadap kapabilitas supply chain dapat
meningkatkan kualitas, fleksibilitas dan kepekaan interaksi antara
perusahaan dengan konsumen ataupun dengan pemasoknya, yang secara otomatis akan mengoptimalkan biaya dan menciptakan pasar yang kompetitif Relationship atau interface improvement diantara `chain' di dalam konsep ISCM dilakukan untuk memperbaiki process outcome, meningkatkan performansi supply chain dan memberikan keunggulan berkompetisi.

Pada akhirnya, penajamanan aplikasi proses rantai pasok menjadi
bagian utama para pelaku usaha di bidang logistik, manufaktur, jasa
angkutan, ataupun institusi pemerintah untuk meningkatkan daya saingnya.

MSY
Pusat Studi ERP Indonesia

No comments:

Post a Comment

Related Posts