Tuesday, March 26, 2013

7 Tips Meningkatkan Efektifitas Safety


7 Tips Praktis Meningkatkan Efektifitas Safety Induction Training

 

Bagaimana cara untuk meningkatkan efektifitas Safety Induction Training agar mudah dipahami dan siap dipraktekan oleh audiens ?

Karyawan baru, tamu perusahaan, para kontraktor biasanya akan mendapatkan pelatihan singkat tentang safety/ Safety Induction Training sebelum beraktivitas di perusahaan. Setiap perusahaan tentunya berharap agar siapapun yang beraktivitas di lingkungan perusahaan akan selalu selamat dari kecelakaan dan kejadian kejadian yang tidak diinginkan.
Kemudian bagaimana caranya agar  pelatihan singkat tentang safety/ Safety Induction Training tersebut mudah dipahami dan siap dipraktekan oleh audiens.
Berikut ini adalah 7 Tips Praktis Meningkatkan Efektifitas Safety Induction Training
  1. Gunakan sedikit kata kata dan perbanyak gambar gambar ilustrasi yang menarik sebagai materi training. Audiens akan cenderung menterjemahkan setiap kata menjadi gambar dalam pikirannya.

  2. Gunakan safety induction training dalam bentuk video (safety induction video) sehingga lebih praktis dalam penyampaiannya. Sebelum memutar safety video, beritahukan pada audiens bahwa akan ada tes kecil dari materi video yang diputar. Hal tersebut akan membuat para audiens lebih fokus dalam menyimak video yang diputar.
  3. Variasikan aktivitas setiap 10 menit sekali agar tidak monoton. John Medina, dalam bukunya Brain Rules mengatakan bahwa setelah 10 menit audiens akan mengalami kebosanan. Oleh karenanya selama proses Safety Induction Training, ganti aktivitas training setiap minimal 10 menit dengan aktivitas lain selain pengarahan langsung seperti memutar video, mengajak audiens bermain games interaktif, menceritakan suatu kisah yang menarik, dan aktivitas aktivitas lainnya.
  4. Sampaikan training dalam tempo yang sedang, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat sehingga informasi mudah dicerna oleh audiens.
..............
Sukses untuk Safety Induction Training Anda semua.
Semoga artikel ini bermanfaat & salam safety.
Sumber: www.Lorco.co.id
By Kang Aa Widi
Versi Lengkap dari Artikel dapat dibaca di: http://lorco.co.id/ safetyinductionvideo.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts