Tuesday, March 26, 2013

7 Desain Safety Sign


7 Tips Praktis Menentukan Desain Safety Sign yang Menarik dan Komunikatif

Hal apa saja yang harus diperhatikan agar safety sign di perusahaan anda lebih komunikatif dan menarik perhatian siapapun ?.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa Safety Sign atau Rambu Rambu K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) adalah upaya "Administration Controll" yang merupakan salah satu tahap dalam "Determining Controll (DC) " (Bagian dari HIRA-DC). Dengan perannya sebagai Komunikasi Visual, maka safety sign harus dimaksimalkan fungsinya untuk mengkomunikasikan berbagai pesan safety/ K3 berupa peringatan bahaya, larangan, kewajiban, dll.

Berikut ini adalah 7 tips praktis yang harus diperhatikan agar safety sign di perusahaan anda lebih komunikatif dan menarik perhatian siapapun.
  1. Sesuaikan desain safety sign dengan standar nasional dan internasional. Hal tersebut selain sebagai bukti kepatuhan pada standar, juga lebih praktis lagi karena standar seperi ANSI, BSI, IMO, dll., sudah memaksimalkan upaya agar desain mudah dipahami.
  2. Gunakan jenis huruf sign yang mudah dan enak dibaca. Biasanya para desainer yang terlatih sudah paham mengenai penentuan jenis hurf safety sign yang tepat, indah, dan mudah terbaca.
  3. Gunakan kalimat yang efisien dan komunikatif. Biasanya Rambu K3 hanya berisi kalimat yang pendek. Oleh karenanya kalimat yang digunakan harus efisien sesingkat mungkin namun tetap harus komunikatif hingga pesannya mudah dimengerti,mislakan dengan menggunakan bahasa yang dipahami oleh mayoritas karyawan atau menggunakan safety sign dengan dua bahasa.
  4. Pastikan kondisi safety sign dalam kondisi baik secara fisik dan dipasang di tempat yang strategis serta terpasang dengan aman. Dan tempatkan rambu K3 dengan proporsional, tetap memperhatikan estetika/ keindahan seni dan hindari menempatkan safety sign dalam jumlah banyak & beragam hingga  menumpuk di suatu area yang kecil.
............


Semoga artikel ini bermanfaat & salam safety.
By Kang Aa Widi
Edisi lengkap Artikel & Gratis Download form ceklist "Mini Self Safety Sign Assessment" untuk Anda dapat dilihat di: http://safetysign.co.id/news/79/desainsafetysign 

No comments:

Post a Comment

Related Posts