Sunday, February 5, 2012

Surabaya Study Group XIV - Supply Chain Professional 1



Keseimbangan Hidup dan Safety


Hampir satu dari tiga orang mengalami kehidupan keluarga yang buruk akibat tekanan di tempat kerja.
The Institution of Occupational Safety and Health (IOSH), Inggris, mempublikasikan sebuah hasil pooling dari health and safety body today (Kamis,  10 Januari 2011) yang menyatakan bahwa di Inggris, hampir satu dari tiga orang mengalami kehidupan keluarga yang buruk akibat tekanan di tempat kerja. 


Pooling yang diikuti oleh 2.000 orang tersebut telah menujukkan bahwa tidak seimbangnya antara kehidupan dunia kerja dan keluarga dapat menyebabakan rusaknya hubungan karyawan dengan pasangan hidupnya. 29 % dari 2.000 orang tersebut menyatakan bahwa penyebab utama dari pekerjaan mereka yang menjadikan rusaknya hubungan keluarga adalah waktu kerja yang panjang dan beban kerja yang dirasa terlalu berat.


Tidak heran kalau Dr Luise Vassie, Executive Director of Policy di IOSH,  menyatakan bahwa di zaman ini perjuangan utama para karyawan adalah mencapai keseimbangan hidup antara pekerjaan dan keluarga. Dr Luise Vassie juga menyatakan bahwa karyawan dengan keseimbangan hidup antara kantor dan keluarga menjadi  lebih produktif, penuh motivasi, dan beresiko rendah untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya.


Berikut ini adalah beberapa usulan kebijakan perusahaan yang dapat dibuat sebagai upaya untuk mencapai kehidupan yang seimbang bagi para karyawannya:
• Waktu kerja yang dinamis/ fleksibel (atau dapat dipertimbangkan juga dengan sistem cara kerja dari rumah) dapat membantu karyawan untuk menjaga keseimbangan hidup sehingga mereka dapat lebih produktif.
• Memperpanang waktu jam makan siang  minimal dalam satu hari dalam seminggu sehingga memberikan waku lebih untuk karyawan dalam bergaul dengan rekan kerja, berolahraga ringan, dll.
• Memudahkan fasiitas yangmendukung kesehatan karyawan seperti vmenyediaan voucher, discount atau fasilitas gym gratis, berbagai jens olahraga, piihan menu makan sehat, tunjangan kesehatan penuh, dll.


Anda memiliki ide lain agar kita dan rekan kerja kita dapat selalu menjaga keseimbangan hidup ?


Salam safety
Sumber: www.lorco.co.id




No comments:

Post a Comment

Related Posts