Anda dikritik? Hadapi itu. Tak peduli bagaimana baiknya Anda
melaksanakan tugas-tugas dalam karier Anda, seseorang akan selalu mengkritik
Anda. Semakin sukses Anda, maka akan lebih banyak lagi Anda menjadi suatu target
kritik.
Tak seorangpun menyukai kualitas pekerjaan mereka
diremehkan, atau ada suara yang mempertanyakan keputusan mereka atau integritas
mereka ditantang.
Tapi ini adalah soal bagaimana Anda berhadapan dengan kritik
yang menentukan kekuatan Anda dan seberapa besar jiwa Anda. Kita dapat belajar
banyak dari bagaimana kesuksesan orang menangani kritik.
Memahami kritik
Kritik pada umumnya menghadirkan kesempatan untuk membuat
kemajuan. Pasti, ada beberapa orang yang mengambil kesenangan dengan cara sadistis
dalam kritik, tetapi kebanyakan kritik sebenarnya dimaksudkan untuk bersifat
membangun. Melawan, membantah atau tidak merespeknya sebaiknya tidak dilakukan
saat menerima kritik yang mungkin saja merupakan koreksi kecil untuk hal-hal
besar.Kesediaan untuk menerima kritik membangun dan tindakan di atasnya
mencerminkan suatu profesionalisme dan kedewasaan.
Tentukan sumber kritik.
Apakah kritik itu berasal dari seorang rekan kerja, bawahan,
klien, atau atasan? Bisa juga adalah kecemburuan? Banyak para manajer senior
merasa terancam oleh para profesional muda yang sedang meniti karir.
Seorang bawahan mungkin mengkritik Anda untuk memandu Anda
menyoroti kemampuan dan pekerjaannya yang luar biasa. Semuanya dia lakukan agar
menonjol dan bisa jadi ia merasa gelisah.
Kritik dari klien, pada disisi jarang berdasarkan pada
kecemburuan dan mungkin sepertinya untuk produk tersamar atau keluhan atas
layanan.
Berikan perhatian tertentu atas kritik dari karyawan Anda.
Salah satu laporan langsung Anda mungkin menentukan apakah itu suatu pelecehan
seksual atau bisa menjadi penuntutan perkara.
Memahami darimana kritik berasal adalah kunci untuk
mengetahui bagaimana cara menangkal yang terbaik.
Kurang dari seminggu dalam pemilu California 2003, para
pendukung lawan memukul aktor dan calon gubernur Arnold Schwarzenegger dengan
kritik yang berpotensi menjegal karir. Aktor Terminator itu lalu mengatakan
tuduhan pelecehan seksual itu tak terbukti dan meminta maaf. Menyarungkan
pedang dan meminta maaf mampu meredam isu tersebut. Mengingkarinya malah akan
menghembus nyala api lebih besar lagi seperti yang bisa kita pelajari dari
skandal Bill Clinton.
Beberkan keluar jika itu kesalahan Anda
Letakkan ego Anda ke samping. Jika kritik berjasa, dengarkan
umpan balik secara obyektif dan pasti Anda memahami itu. Prtimbangkanlah
pilihan Anda untuk mengoreksi situasi atau memecahkan masalah itu. Ada banyak
CEO sukses dan para pelaku bisnis di luar sana yang membuat kekeliruan dan
menerima kritik, tetapi mereka membuktikan bahwa mereka bisa meletakkan ego
mereka ke samping, menilai situasi, mengambil kepemilikan, dan kembali bahkan
lebih kuat.
Tokoh real estate Donald Trump sering dikritik untuk
kelebihannya yang cermelang. Walaupun investasinya secara drastis mengurangi
kekayaan bersihnya, ia tidak mengijinkan kritik untuk menghancurkannya
mengagumi diri sendiri.
Multi-milyuner Edgar Bronfman Jr., CEO Seagram Company Ltd.,
juga melewatkan kritik. Walaupun orang mengkritik dan mengejek keputusannya
membeli Polygram/Mca dan Universal Pictures, divisi entertainment terbukti
mendorong citra perusahaan nya, tetapi bukan garis dasarnya.
David Stern adalah satu contoh bagaimana tidak menangani
kritik: Ia sedang disalahkan untuk penampilan lemah dari NBA tapi menolak untuk
menerima umpan balik negatif.
Jangan mencari kambing hitam
Tidak usah bersikeras, menyalahkan orang lain atau
mengingkari isu dengan harapan isu akan mengabur. Suatu penjelasan sering
nampak seperti suatu pengingkaran atau alasan.
Bersikaplah profesional.
Mantan CEO General Electric Jack Welch hanya sementara pudar
saat proses pensiunnya pada Juli 2003 dimana saat itu dinilai bonusnya sangat
jauh diluar kebiasaan. Bukannya mencoba untuk membelokkan atau bersikeras atas
kritik itu, Welch memutuskan mengundurkan diri meninggalkan semua keuntungan
pensiunnya dan menyelamatkan reputasi profesionalnya.
Jangan lawan system
Orang cenderung untuk menembak pesuruh itu. Anda mungkin
telah dikritik untuk sesuatu yang tidak berada dalam kendali Anda. Barangkali
kebijakan perusahaan adalah target yang riil, atau melibatkan keseluruhan
departemen dalam proyek. Jangan mengambilnya secara pribadi, hindari bersikeras
dan hadapi apapun juga berada dalam kendali Anda.
Agen check-in pesawat tidak bertanggung jawab atas reaksi
gugup karena keterlambatan terkait kondisi cuaca atau kegagalan mekanik, tetapi
bagaimana mereka menangani kerumunan para penumpang yang marah memperoleh
kembali kontrol dan menciptakan suatu kesan positif.
Saat publik berbalik melawan Microsoft karena memonopoli perangkat
lunak pasar, Bill Gates mengambil tanggung jawab. Bukannya bersembunyikan di
belakang perusahaan, ia minta maaf dan mengambil tindakan untuk memajukan citra
Microsoft-- dan ketenaran dirinya malah meningkat.
Jika Anda berperan sebagai pemimpin, ambillah bola panas di
tim Anda. Bertemu dengan staff Anda untuk mendiskusikan permasalahan secara
obyektif dan menciptakan solusi bersama-sama. Kritik membangun bisa merupakan
suatu hadiah. Semua tergantung sikap Anda ketika menerima kritik itu.
Terima keterbatasan
Apa yang ada diatas kepala Anda? Jika Anda sedang dikritik
tetapi tidak bisa diubah, pindahlah ke strategi B. Barangkali orang lain perlu
membuat presentasi jika Anda tak mampu berbicara didepan umum. Kenalilah
bagaimana dan kapan untuk mendelegasikan.
Pendiri Yahoo! kebanyakan orang teknik, semua tanpa
ketrampilan bisnis dan pengalaman untuk lihat gambaran yang lebih besar dan
membuat perusahaan sukses. Mereka mengenali ini dan tidak membiarkan ego
berdiri di jalan, mereka tahu kapan untuk menepi dan mendelegasikan tugas ke
orang lain.
Komentar kritis dari suatu pribadi seringkali lebih sulit
untuk diterima, tetapi orang sukses mengembangkan kemampuan untuk menolak atau
membelokkan kritik yang bukan tentang kemampuan profesional mereka. Saat pewawancara
menyebutkan merek dagang model rambut nya, Donald hanya tertawa.
Apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan soal Kritik
· Dengarkan secara obyektif
· Tanyakan secara spesifik
· Cari pendapat kedua dan lakukan penelitian Anda
· Mintalah maaf, ambil alih kepemimpinan dan tanggungjawaby
· Perlihtakan Anda mengambil masukan sebagai bahan
pertimbangan
· Lakukan tindakan koreksi
· Belajarlah soal itu
· Jangan abaikan kritik
· Jangan bersikeras, marah atau emosi
· Jangan habiskan waktu untuk mencari pembenaran
· Jangan bereaksi penuh emosi sebelum mempertimbangkan
rencana aksi terbaik
· Jangan menyalahkan yang lainnya
· Jangan menolak bertanggung jawab
· Jangan memikirkan kesalahan
Bersikaplah jantan
Kritik dapat diakibatkan oleh kurang perasaan, pelanggaran
nyata atau harapan yang tak mampu. Kritik dapat juga berasal dari kepicikan,
kecemburuan dan "karena sindrom sedang tidak dalam kondisi baik' Kritik
membangun hanya dapat berdampak pada Anda secara negatif jika Anda terus mencaci
maki diri sendiri. Maka fokuslah pada kesuksesan Anda.
Kembangkan kulit badak dan siapkan untuk menerima kritik
baik itu adil atau tidak. Bersikaplah obyektif, ambil tindakan dan biarkan hal
itu berlalu. Selalu beri orang sedikit alasan untuk mengritik pada kesempatan
pertama nantinya dan dimasa mendatang. (askmen/ irene)
No comments:
Post a Comment