Friday, August 17, 2012

Inspirasi Sukses Home Depot

Oleh: Andre Vincent Wenas,MM,MBA.
(twitter@andrewenas)


  Apakah Anda pernah dengar Home Depot? Coba lihat: www.homedepot.com. Usaha 
toko bangunan yang dirintis Bernie Marcus & Arthur Blank ini dimulai tahun 28 
tahun yang lalu di Atlanta, Georgia, bergerak dalam perdagangan segala macam 
kebutuhan rumah (papan kayu, paku, handle-pintu, gordyn, semen, ubin, cat, 
perkakas, dll.). Waktu itu belum ada toko, dan bersama 20 orang rekan kerja 
(associates) mereka memulai bisnisnya. Setahun kemudian (1979), mereka punya 3 
toko dengan 200 associates, dan membukukan penjualan 7 juta dollar. 

  Konsep bisnisnya adalah toko gudang besar yang nyaman dikunjungi orang-orang 
yang ingin memperbaiki sendiri rumah atau meningkatkan kenyamanan rumah (home 
improvement). Saat ini Home Depot sudah membukukan penjualan lebih dari 80 
milyar dollar.

  Layanan di dalam toko, selain kejelasan informasi barang, kebersihan dan 
keramahan layanan, juga diselenggarakan how-to-clinics (semacam pelatihan 
praktis) untuk meningkatkan ketrampilan memperbaiki sendiri dan meningkatkan 
kenyamanan dan penampilan rumah. Jasa konsultasi membangun atau merenovasi 
eksterior-interior pun disediakan.

  Ide lain yang menarik adalah Kids Workshop (pelatihan untuk anak-anak) dengan 
didampingi orangtua masing-masing. Ini program yang diselenggarakan sebulan 
sekali di hari sabtu pertama. Mulai jam 9 pagi sampai siang. Dengan pendampingan 
orang tua, anak-anak bisa mengolah ketrampilannya untuk menciptakan obyek yang 
bisa digunakan di sekitar rumah atau lingkungannya. Program ini melatih 
kemandirian anak-anak untuk mengerjakan  hal-hal konstruktif, dan menanamkan 
sense of accomplishment (mengerjakan sesuatu dengan tuntas), dan self esteem 
(kebanggaan). Obyek yang dibangun anak-anak ini misalnya: membuat kotak 
penyimpanan perkakas, kotak surat, sangkar burung, pigura, dll. Dengan 
membiasakan anak-anak untuk rajin dan terampil mengerjakan sendiri 
(do-it-yourself), Home Depot telah mulai membangun pasar masa depan yang loyal 
dan bakal menjamin keberlangsungan hidup usahanya.

  Konsep toko penyedia barang & bahan bangunan, termasuk interior-eksterior 
rumah merupakan bagian dari konsep retailer. Dan sebagai retailer, Handito Hadi 
Joewono (bukunya: 7 in 1 Strategy Toward Global Competitiveness, 2006) ada enam 
aspek yang perlu diperhatikan:

1. Lokasi. Ada yang ektrim bilang bahwa kunci sukses bisnis property termasuk 
retailer adalah: lokasi, lokasi dan lokasi. Singktatnya, lokasi adalah 
segalanya. Lokasi memang penting, tapi bukan harga mati.

2. Merchandise management. Peritel perlu menyediakan selengkap mungkin ragam 
kebutuhan konsumen, tetapi sekaligus juga harus menyediakan barang atau jasa 
eksklusif.

3. Vendor relation. Bagi peritel, hubungan dengan pemasok merupakan kunci bisnis 
penting karena akan mempengaruhi kelancaran pasokan barang dan berlangsungnya 
beragam progam promosi.

4. Human resource management. Mengelola usaha ritel bukan sekedar menyiapkan 
gedung dan infrastruktur fisik. Toko besar jika tidak ada kegairahan pekerjanya 
akan membuatnya menjadi tidak menarik dan bahkan dijauhi karena ‘keangkerannya’. 
Pengelolaan SDM menjadi pilar penting keberhasilan bisnis ritel.

5. Operational excellence. Mengelola usaha ritel serupa dengan menampilkan 
atraksi operet. Dan panggung dramanya adalah bisnis ritel itu sendiri. 
Penampilan mesti prima melalui store management yang berkualitas. Operational 
excellence berperan vital untuk efisiensi yang merupakan kunci memenangkan 
persaingan saat ini.

6. Customer relationship. Mengelola pelanggan, apalagi yang loyal adalah 
krusial. Penyediaan reward point dengan hadial undian atau hadiah langsung 
seperti free parking, dan juga fasilitas khusus untuk pelanggan VIP akan membuat 
konsumen nyaman dan ma uterus berbelanja.

  Kita bisa belajar dari ketekunan Bernie Marcus & Arthur Blank (Home Depot) 
merintis bisnis, melayani dan mempertahankan pelanggan, bahkan sampai 
menciptakan pelanggan masa-depan. Begitulah pebisnis sejati. Berjuang dan 
berpikir jauh kedepan. 

  Bersiaplah untuk sukses.



(twitter@andrewenas)
-------------------------------------------------------------
Artikel dari Tabloid Bisnis KONTAN edisi khusus Juni 2007



STRATEGIC MANAGEMENT SERVICES
Email: strategicmanagementservices@yahoo.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts