Monday, December 3, 2012

Tidak Semua Kecanduan, Merugikan !


Oleh : Isywara Mahendratto

Kecanduan sebagai sebuah mekanisme pertahanan, diperlukan tubuh untuk melindungi diri dari resiko kelelahan akibat terpapar sumber stres, namun terlalu lama "berhenti" pada kecanduan juga merugikan karena membuat ybs. jadi enggan menghadapi hal yang baru.

Walau masih sama-sama berada di siklus uzur (pada skema SERVO), tidak semua bentuk-bentuk kecanduan seperti kecanduan ibadah, kecanduan kerja, kecanduan olah-raga, merugikan. Hal tersebut dikarenakan adanya keluaran positif yang masih dapat diharapkan seperti terhindar dari penggunaan narkoba, penghasilan yang lebih besar ataupun tubuh yang sehat.

Syukur-syukur jika "ibadah" dilakukan sebagai bentuk rasa syukur pada yang Maha Kuasa, begitu pula dengan "bekerja", idealnya dilakukan sebagai sebuah bentuk ibadah dan cara seseorang memperluas zona kendalinya, sedang "olah-raga" diniatkan sebagai sarana ybs. menyempurnakan dirinya.

Jadi jika terpaksanya Anda harus melarikan diri ke dalam bentuk bentuk kecanduan, akibat masalah keluarga, stres pekerjaan atau lingkungan yang buruk di sekitar Anda, pilihlah bentuk bentuk kecanduan yang produktif seperti kecanduan nyanyi, main musik, melukis dsb.

Siapa tau kecanduan hal yang produktif tersebut, kelak justru menjadi sumber penghasilan utama Anda !

Website : http://servoclinic.com/kesaksian/

No comments:

Post a Comment

Related Posts