Monday, June 13, 2011

Mengejar Karier atau Uang?

Mengejar Karier atau Uang?

Kamis, 25/3/2010 | 14:06 WIB

KOMPAS.com — Perspektif umum saat bicara karier selalu dikaitkan dengan kriteria gaji, jabatan, bonus, atau apa pun keuntungan materi lainnya. Puncak karier lantas identik dengan pencapaian dari kriteria tadi dengan nilai tinggi. Seperti gaji besar atau jabatan di deretan top management.

"Karier bukan tentang uang. Karier sepenuhnya mengenai diri sendiri dan segala upaya menjadi diri sendiri yang terbaik," kata Rene Suhardono, CareerCoach dan penulis buku Your JOB is NOT Your CAREER, di sela kegiatan Networking Night Special Edition yang digelar oleh 87.6 Hard Rock FM bekerja sama dengan Amprop Indonesia, Rabu (24/3/2010).

Ayah empat anak ini mengenalkan pilihan pemahaman tentang karier dan pekerjaan. Pekerjaan hanya bagian kecil dari karier. Pekerjaan bukanlah karier, ini pernyataan tegas dari Rene.

Menurut Rene, pekerjaan sekadar alat yang membawa ke suatu tempat yang dikehendaki. Sedangkan karier adalah perjalanan panjang kehidupan profesional itu sendiri.

Jika para profesional atau tenaga kerja baru menggunakan ukuran rupiah dalam berkarier, sebenarnya yang sedang ditujunya bukanlah pencapaian atas karier. Itu adalah pekerjaan yang hanya merupakan sarana menuju pencapaian yang sebenarnya.

Tujuan karier lebih kepada kebahagiaan dan ketercapaian. Dan, untuk mencapai tujuan ini diperlukan passion, kata Rene.

"Kebahagiaan muncul ketika Anda memahami makna dan rasa senang dalam pekerjaan. Kebanyakan orang belum memiliki kebahagiaan ini. Untuk mendapatkannya perlu dibangun pemahaman tentang pekerjaan itu sendiri, passion dan mission Anda," ujar Rene.

Rene mengakui ada risiko untuk menjalani karier sesuai passion. Gaji kecil atau fasilitas minim, misalkan. Namun, saat membangun karier dengan dimotori passion, Anda telah memilih menjadi diri sendiri.

Menemukan makna dalam bekerja dan mencapai karier atau kebahagiaan menjadi diri sendiri memang perlu waktu. Namun, sebaiknya Anda memulainya sejak sekarang.

"Happiness bicara tentang sekarang dan hari ini," ungkap Rene.

Berani memulainya sekarang? Temukan karier Anda dengan mengenali passion, makna bekerja untuk menjadi diri sendiri.

No comments:

Post a Comment

Related Posts