Friday, October 11, 2019

Michelin bakal Tutup Pabrik dan Melakukan PHK

Kamis, 10 Okt 2019 18:36 WIB
Industri Lesu, Perusahaan Ban ini Tutup Pabrik dan PHK Ribuan Karyawan

Perusahaan pembuat ban Michelin bakal tutup pabrik dan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada 619 karyawannya di La Roche-sur-Yon, Prancis. Hal itu terjadi lantaran kompetisi yang kian ketat dengan produsen ban asal Asia hingga menggerus laba perusahaan tersebut.
"Berdasarkan sumber perusahaan, Michelin menjanjikan proposal menarik untuk karyawan yang terkena dampak," tulis AFP seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (10/10/2019).

Sumber itu mengatakan 74 orang yang bekerja di sebuah pabrik karet di dekat Maine-et-Loiret, yang menjadi menyuplai di La Roche-sur-Yon, juga akan terpengaruh keputusan ini.

Awal tahun lalu, perusahaan ini juga mengatakan bakal menutup pabrik di Skotlandia dan Jerman yang memiliki total karyawan 1.703 orang.

CEO Michelin Florent Menegaux mengatakan bahwa investasi yang digelontorkan hingga US$ 77 juta tidak dapat menyelamatkan pabrik La Roche-sur-Yon.

Dia menyalahkan situasi pasar ban yang kini tengah sulit, tak hanya di Eropa tapi juga global.
Kerasnya persaingan juga menjadi alasan tutupnya pabrik tersebut.

Pada akhir tahun lalu, Michelin mempekerjakan sekitar 110.000 orang di berbagai negara. Sebanyak 20.000 karyawan berada di Perancis.

Michelin terdaftar di Bursa Saham Prancis. Harga saham Michelin sekitar 97,18 euro per lembar saham pada perdagangan hari ini.


Sumber :
https://finance.detik.com/industri/d-4741363/industri-lesu-perusahaan-ban-ini-tutup-pabrik-dan-phk-ribuan-karyawan

No comments:

Post a Comment

Related Posts