Beberapa hari lalu saya mengirim email tentang pentingnya perusahaan kita
ber-koneksi/networking dengan berbagai marketing/outsourcing forum seperti
alibaba.com, globalsources.com atau indonetwork.com. Saya hanya ingin
menekankan betapa pentingnya usaha ini bagi anda yang di Indonesia.
Outsourcing sekarang menjadi kata kunci SETIAP business entity di
Amerika (termasuk membuat pekerjaan saya mudah dari ujung Amerika sini
........ : )
Ada beberapa pertanyaan yang dikirim kesaya yang ingin saya jawab secara
umum agar memberikan manfaat bagi kita semua:
- Apakah kita perlu menjadi anggota supplier network atau outsourcing
forum? Jawabnya benar sekali dan banyak forum ini yang gratis. Contohnya
alibaba dan kedua diatas.
- Kalau sudah masuk menjadi anggota terus bagaimana? Di Alibaba.com ada
fasilitas WEB bagi produk anda secara GRATIS. Yang ini harus dimanfaatkan.
Tips: setiap outsourcing effort akan mencari harga sebagai pemicu order.
Jadi harga SEBAIKNYA ditulis secara jelas (cukup di cantumkan harga yang
optimum dalam bentuk US $ atau Euro). Jangan lupa mencantumkan pula
gambar/foto dari produk yang menarik
- Apakah perlu menjadi paying memberships (di Alibaba adalah trust atau
gold membership)? Jawabannya tergantung. Pertama yang dilihat oleh
outsourcing effort adalah harga dan kemudian trustworthy/kejujuran melakukan
transaksi. Hati-hati juga bahwa banyak pengusaha luar (AS, Eropa dsb) yang
suka menipu. Harus jelas sistem pembayarannya atau ada badan yang menjamin
pembayarannya.
- Kalau sudah demikian bagaimana? AKTIF di web tsb (alibaba dsb) mencari
yang dinamakan BUYING LEADS. Ini adalah kebutuhan perusahaan pengimpor akan
sesuatu barang. Kontak buying leads yang sesuai dengan produk kita. Jangan
SPAMMING mereka (mengirim info jasa/barang yang tidak mereka butuhkan).
Gunakan bhs. Inggris dengan baik. Kalau tidak punya penerjemah, gunakan
translator GRATIS di internet (banyak site-nya).
- Terus bagaimana lagi? AKTIF pula membuat yang dinamakan SELLING LEADS.
Ini adalah pengumuman ke anggota komunitas outsourcing produk apa yang kita
punyai. Sekali lagi JANGAN spamming orang lain. Teruskan kontak pertama
(bila sudah ada) dengan menanyakan apa kebutuhan pembeli dan bagaimana kita
dapat membantu mereka l(ewat email). CAUTION juga hati-hati dengan setiap
calon pembeli. Kalau bisa segera mengecek bonafiditas mereka, lewat
perusahaan atau lewat referens. Cek lewat informasi umum, internet, GOOGLE
dsb.
- Selanjutnya? Silakan berdoa .................. : ) agar usahanya
berhasil. Pembeli biasanya minta quotes (harga penawaran secara resmi).
Penuhi permintaan mereka karena biasanya ini pemicu transaksi. Kalau
setelah quotes mereka diam saja berarti ada beberapa kemungkinan. Pertama
terlalu mahal, barang tidak cocok atau mereka mempunyai calon produsen yang
lain. Silakan kontak mereka lagi dan nyatakan bahwa kita bisa BEKERJA SAMA
dalam hal ini (Ini artinya kita dapat fleksibel dengan harga, barang dsb).
Berikan insentif agar calon customer tertarik melakukan bisnis dengan kita
(sample pricing, jaminan kualitas, dsb).
Sekian dahulu semoga banyak membantu. Saya akan sambung bila responsnya
banyak.
Wassalam,
Danet
Sumber : milis APICS-ID
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Related Posts
-
Kamar mandi / toilet biasanya dilengkapi dengan perlengkapan untuk buang air kecil maupun besar. Kamar mandi yang dilengkapi dengan urina...
-
Laporan Tracer Study ITB Sarjana yang dirilis tahun 2023 memberikan gambaran menarik mengenai bonus tahunan yang diterima oleh alumni ITB. D...
-
Salah satu senjata ampuh para eksekutif untuk meningkatkan kariernya kini adalah dengan menempuh jalur pendidikan keprofesian bersertifi...
-
Di beberapa perusahaan, divisi penyimpanan (store) untuk mengelola persediaan (inventory) sering mempunyai beberapa nama, seperti divisi...
-
Oleh: Andre Vincent Wenas,MM,MBA. (twitter@andrewenas) Bisnis berkembang, organisasi bertumbuh alias karyawan tambah banyak, terjadi p...
No comments:
Post a Comment