Saturday, October 8, 2011

Cari-cari Informasi Gaji di Dunia Maya

KOMPAS.com - Berencana alih profesi atau sedang ditawari pekerjaan baru? Sebelum negosiasi soal gaji, sebaiknya cari dulu informasi mengenai kisaran gaji yang bisa Anda dapatkan.

Informasi gaji ini penting untuk diketahui sebelum Anda memenuhi panggilan wawancara. Memang setiap perusahaan pasti memiliki standar gaji masing-masing. Namun, untuk profesi yang sama, meski berbeda perusahaan, kisaran gajinya tentu takkan jauh berbeda. Nah, jika informasi gaji sudah diketahui, Anda akan mudah mempersiapkan diri saat menetapkan "harga" atau melakukan negosiasi gaji sesuai latar pendidikan dan pengalaman kerja, dan lain sebagainya.

Yang menjadi pertanyaan kemudian, di mana mencari informasi gaji ini? Perkembangan informasi di internet benar-benar memudahkan hidup kita. Sekarang Anda bisa dengan lebih mudah mencari informasi gaji idengan hanya berselancar di dunia maya. Namun, jangan lupa untuk memeriksa ulang data yang Anda dapat dari satu sumber dengan sumber lain. Dengan begitu, informasi yang Anda miliki lebih akurat.

Gajimu.com
Salah satu sumber yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari informasi soal gaji di internet adalah situs Gajimu.com. Di situs ini Anda bisa berbagi dan membandingkan informasi tentang gaji. Gajimu.com sendiri merupakan bagian dari Wage Indicator (Belanda), organisasi non-profit yang menyediakan fasilitas agar para pekerja dapat berbagi informasi gaji lewat survei gaji dan membandingkan gaji melalui cek gaji.

Di situs ini, Anda tak hanya bisa mencari tahu informasi gaji berdasarkan profesi, tapi juga ikut dalam survei yang mereka buat. Gajimu.com juga telah berasosiasi dengan KompasKarier dalam memberikan informasi mengenai gaji, hak pekerja, dan tip karier kepada calon pekerja yang berkunjung ke situs KompasKarier.

Kelly Services
Sumber terpercaya lain yang bisa Anda gunakan untuk mencari informasi gaji adalah Kelly Services. Lembaga konsultan ini telah melakukan survei gaji di Indonesia sejak tahun 2006. Survei ini dilakukan untuk mengetahui kisaran gaji yang dapat dijadikan sebagai patokan atau standar bagi perusahaan-perusahaan dalam menerapkan kebijakan sistem remunerasinya.

Untuk mendapatkan informasi gaji, Anda tak perlu mendatangi langsung lembaga ini. Cukup berkunjung ke situsnya di http://www.kellyservices.co.id, dan klik menu Indonesia Employment
Outlook and Salary Guide di bagian bawah situs. Yang menarik, setiap tahun informasi Indonesia Salary Guide ini diperbarui, sehingga Anda akan selalu mendapatkan informasi terkini.

Ada pun lingkup survei yang dilakukan oleh lembaga ini mencakup beberapa bidang, antara lain Banking and Finance, Call Center, Engineering and Technical, Information Technology, Logistic and Warehousing, Office Support, dan Sales and Marketing.

Milist Profesi
Selain mencari informasi lewat situs-situs tadi, Anda juga bisa bertanya langsung kepada para profesional yang bisa Anda temui di situs jejaring profesional seperti Linkedln.com dan MeetUp.com. Namun, sebelumnya Anda perlu menjalin jejaring dulu dengan mereka.

Sebaiknya jalin jejaring tak hanya dengan rekan seprofesi, tapi juga dari berbagai profesi di perusahaan lain, baik secara online ataupun offline. Jika tidak memiliki koneksi di industri yang diminati, Anda bisa bertanya pada mereka. Dan, dari mereka, Anda bisa mencari tahu kisaran gaji untuk sebuah posisi pekerjaan.

(CHIC/Erma Dwi Kusumastuti)

No comments:

Post a Comment