Monday, January 24, 2011

Just in Time (2)


Menurut Taiichi Ohno, dasar sistem produksi Toyota adalah secara mutlak menghilangkan pemborosan. Dua tiang yang diperlukan untuk mendukung sistem itu ialah:
• Tepat waktu.
• Otonomasi, atau otomasi dengan sentuhan manusia.

Tepat waktu atau JIT berarti bahwa, dalam suatu rangkaian proses produksi, suku cadang atau komponen yang diperlukan untuk perakitan mobil tiba pada ujung lini rakit pada waktu yang diperlukan dan hanya dalam jumlah yang di diperlukan. Dengan demikian, perusahaan yang menggunakan sistem ini, akan mendekati tingkat persediaan nol.

Tiang kedua ialah otonomasi atau disebut juga otomasi dengan sentuhan manusia. Ini berlainan dengan otomasi biasa. Dalam otomasi biasa, biasanya perusahaan membeli mesin yang dapat beroperasi sendiri dengan hanya sekali menekan tombol. Mesin seperti ini mempunyai kemampuan kinerja yang tinggi sekali, tetapi kalau ada gangguan kecil saja, dapat merusak produksi sehingga barang cacat akan tertumpuk dengan cepat sebelum kerusakan dapat dideteksi dan proses dihentikan.

Dalam otonomasi, mesin dapat mencegah masalah semacam itu secara otonom, karena mempunyai alat yang dapat membedakan antara keadaan normal dan abnormal dalam mesin tersebut. Dalam sistem semacam itu, mesin akan berhenti dengan segera bila ada gejala tidak normal dalam mesin itu. Dengan sistem ini, tidak ada produk cacat yang dihasilkan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts